Ratusan Anak Difabel Berbuka Puasa di Kemendagri

By Admin

nusakini.com-- Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat menggandeng Tim Penggerak PKK melangsungkan acara buka puasa bersama anak difabel di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, Jumat (17/6). 

Ketua Umum OASE KK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan, kegiatan ini memang menjadi program bakti soaial OASE KK selama bulan Ramadhan ini, dan sudah terhitung agenda kelima. Kali ini, ada sekitar seratusan lebih anak difabel yang diundang buka bersama, serta terima santunan. 

“Ini kebersamaan kita sih. Jadi DWP menyiapkan buka puasanya, lalu OASE KK bersama TP PKK memberikan bingkisan kepada mereka yakni uang sejumlah Rp 500 ribu per keluarga, dan kebutuhan sembako,” kata Erni menjelang acara tersebut di Gedung F Kemendagri. 

Dia menambahkan, anak-anak difabel ini berada di bawah naungan Yayasan Narendra Krida. Namun, mereka tidak menetap tinggal di yayasan Anak-anak ini, kata dia berdomisili di rumahnya masing-masing dan dianggap kurang mendapat perhatian sehingga mereka dikumpulkan sekarang ini. 

Selain mendapat santunan dari organisasi ibu-ibu pejabat ini, para anak difabel ini juga difasilitasi untuk hadir di Kantor Kemendagri. Menurut Erni, ada sekitar 6 bus yang akan membawa mereka. Para difabel ini juga tak datang sendiri, namum didampingi orang tuanya. 

“Biasanya dalam program seperti ini, Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir. Namun kali ini, dia sedang diajak bapak Presiden Joko Widodo blusukan. Jadi tidak bisa hadir kali ini,” ujar dia. 

Erni menyebutkan, selama Ramdhan, sejumlah agenda bakti sosial OASE KK antara lain, mengunjungi sekolah anak dhuafa, panti jompo, dan sekolah PAUD anak nelayan. Dalam setiap kegiatan, masyarakat ini juga memperoleh bantuan untuk kebutuhan pendidikan, pengobatan dan lainnya. 

“Kegiatan ini mungkin akan berlangsung selama 2 pekan di bulan puasa saja. Rencanannya ada 6 sampai 7 agenda lagi hingga akhir pekan kedua ramadhan ini,” ungkap Erni.(p/ab)